Amaliah TQN

Rutinitas Pangersa Abah Anom saat berbuka puasa

Dalam tarekat, murid yang baik adalah dia yang mengikuti amaliah-amaliah yang dilakukan oleh guru Mursyidnya. Begitupun kita yang sedang belajar mengamalkan Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya, segala hal yang dilakukan oleh Syekh Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin atau Pangersa Abah Anom tentu menjadi hal yang sebisa mungkin kita mengikutinya.

Berikut kami tuliskan rutinitas Pangersa Abah Anom jelang berbuka puasa dan setelahnya. Semoga kita bisa melaksanakannya.

Sepuluh menit sebelum waktu berbuka, membaca tawasul. Adapun susunan tawasul yang dibaca sebagai berikut:

  1. Tawasul 1 s.d 7
  2. Surat Al-Ikhlas 3x
  3. Surat Al-Falaq 1 x
  4. Surat An-Naas 1 x
  5. Surat Al-Fatihah
  6. Surat Al-Baqoroh 1 s.d. 5
  7. Ayat Kursi
  8. Do’a diakhiri dengan al-fatihah
  9. Doa ifthor:

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلٰى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Doa ta’jíl yang dibaca saat mau makan ta’jil sebagaimana yang biasa dibaca oleh Syekh Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin ra. (Abah Anom):

نَوَيْتُ تَعْجِيْلَ الْفِطْرِسُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالى

Setelah itu melaksanakan Shalat Sunat Qobla Magrib dan dilanjutkan Shalat Fardhu Magrib berjama’ah (memakai qunut). Lalu amaliyah dzikir minimal 165 kali yang dilanjutkan dengan shalat sunat Ba’da Maghrib.

Bahkan apabila memungkinkan lanjutkan dengan: salat sunat Awwabin 6 rakaat 3 kali salam, salat sunat Taubat 2 rakaat 1 kali salam, salat sunat Birrul Walidain 2 rakaat 1 kali salam, salat sunat Lihifdhil Iman 2 rakaat 1 kali salam dan salat sunat Lisyukri Nikmat 2 rakaat 1 kali salam. Atau dikondisikan saja dengan kemampuan para ikhwan, jika tidak memungkinkan (kondisional).

Itulah rutinitas Pangersa Abah Anom saat berbuka, semoga kita diberi kekuatan untuk bisa melaksanakannya. Aamiin.

Baca Juga  Kaifiat Sholat Sunat Lailatul Qodar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button