Berita

Program Studi PGMI IAILM Gelar Tasyakur Milad ke-16

Salah satu Program studi di lingkungan Institut Agama Islam Latifah Muibarokiyah (IAILM) Pondok Pesantren Suryalaya Tasikamalaya, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) memasuki usia ke-16. Tasyakur miladnya digelar, Kamis, 06/07/ 2023 di gedung serba guna sukriya bakti kampus IAILM berlangsung meriah. Acara dimulai serangkai seremonial dan tawasul, dilanjutkan pemukulan gong, pemotongan tumpeng, dan kue oleh ketua Prodi PGMI, Nana Suryana, S.Ag. M.Pd. Selepas acara seremonial, dilanjutkan pentas musik oleh Cepi Sultoni (mahasiswa Prodi KPI), pentas drama dari  mahasiswa Prodi PGMI dan PAI IAILM. Salah satu pentas drama yang menarik perhatian penonton berjudul Tanah Perempuan yang di sutradari Kiki Masduki.

Dalam sambutannya, Ketua prodi PGMI, Nana Suryana menyingung bagaimana peran alumni IAILM di masyarakat. Menurutnya, tahun 2025 nanti ada banyak guru yang memasuki masa purna bakti. Ke depan peran alumni PGMI IAILM sangat dibutuhkan. Yang menggantikan para guru yang purna adalah alumni-alumni dari PGMI IAILM Suryalaya diantaranya.  Lebih lanjut ia mengungkapkan, ‘’Bersyukur di usia ke-16, PGMI telah melahirkan ratusan alumni dan telah mengabdikan dirinyanya di sekolah/madrasah. Setiap tahun lulusan PGMI IAILM Suryalaya telah diterima dan lolos menjadi ASN dan PPPK’’. Menjelang milad PGMI ke-16 ini saja,  ada alumni yang ngechat saya, dia memberi tahu bahwa  di baru saja menerima SK PPPK dari pemerintah kota Serang Propinsi Banten, ungkanya.

Sebagaimana kita ketahui, PGMI IAILM Suryalaya berdiri tanggal 10 Juli 2007 yang lalu. Berdirinya prodi ini dilatarbelakangi oleh tuntutan undang-undang guru dosen nomor 14 tahun 2025 dan masyarakat. Salah satu tunutannya adalah guru harus menjadi profesi yang profesional. Guru harus berlatar belakang pendidikan strata satu (S1). Oleh karenanya sejak tahun 2007 IAILM Suryalaya membuka program studi PGMI S1 dan saat ini menjadi prodi favorit utamanya di lingkungan IAILM Suryalaya.

Baca Juga  Terima SK, Pengurus LDTQN Prov. Kalbar siap bentuk LDTQN di 14 Kab., Kota

Nampak hadir dalam tasyakur milad ini, dekan fakultas tarbiyah, Drs. Nurhamzah CS, M.SI. M.PMat, dosen tetap PGM, mahasiswa PGMI dan tamu undangan lainnya. Dalam momen miladini, diberikan apresiasi kepada para mahaiswa Prodi PGMI yang berprestasi dalam bidang bahasa indonesia. Ada empat mahasiswa yang mendapat apresiasi yaitu Kiki Masduki, Siti Jamiati Haromain, Sunah Salmanisa, dan Faira Risma Damayanti. Apresiasi diberikan oleh dosen mata kuliah bahasa Indonesia, Nita Anjung Munggaran, M.Pd.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button